Monday, 11 March 2013

AIR DAN PEPOHONAN

Tags



AIR DAN PEPOHONAN



Kang Putu:

air dan pepohonan besar. inilah yang masih terjaga di sendang gede, kelurahan kandri, kecamatan gunungpati, kota semarang. di sekeliling sendang ini tumbuh pohon rau (Dracontomelon dao), randu alas (Bombax ceiba L), beringin (Ficus benyamina), bendha (Artocarpus elasticus), klapa-klapanan, dan lain-lain.
pepohonan mempunyai fungsi (1) menapis angin, (2) menapis kebisingan, (3) menyerap gas beracun, (4) mencegah abrasi dan erosi, (5) menyimpan air, (6) menjernihkan air, (7) memberikan keteduhan dan kesejukan, (8) memberikan daun, bunga, buah, getah, kulit, dan kayu, serta (9) habitat burung, kelelawar, kupu-kupu, dan berbagai serangga, (10) mempersubur tanah.
air dan pepohonan adalah komposisi ciptaan Tuhan yang tak tepermanai nilainya. Dan, merusak keindahan komposisi itu adalah mencederai kecintaan kepada Sang Pencipta Kehidupan. menanam lebih elok ketimbang menebang. menebang menuju tubir kehancuran. menanam memuliakan kehidupan.

--------------------
Yoan Yo :

Fungsi penyaring udara kotor ( Fungtion Barel Infiltrationi), Fungsi berelindungnya satwa avesia /Burung (Fungtion Adhapis),Fungsi pengatur keseimbangan cuaca ( Fungtion Climatologys),menjaga kelestarian alam ( Fungtion Konservatif)dll

--------------------

Denita Surya :

secanggih apapun kita tidak bisa menggantikan kedua hl itu, air dan pepohonan dan makna terdalamnya lagi air dan kehidupan.... karena tidak mungkin ada kehidupan, termasuk pephononan tanpa ada air, sebliknya tidak akan ada air bertahan tanpa pepohonan yang cukup.... ini mengingatkan hasil temuan NASA terakhir bahwa ada tanda-tanda air dalam kandungan tanah di salah satu planet ruang angkasa, dan disitu diyakini ada harapan baru planet alternatif yang bisa disingggahi oleh manusia, selain bumi... air memang kebutuhan vital bagi sumber-sumber dan syarat utama kehidupan... kalo manusia gegabah terhadap terjaganya sumber-sumber air seperti eksploitasi semen gresik d Gunem Rembang, jelas ini adalah ancaman serius bagi kelangsungan kehidupan jangka pnjang bagi masyarakat kabupaten rembang dan sekitarnya, termasuk blora. karena salah satu penyuplai kebutuhan air di Blora diperoleh dari pegunungan kajar Gunem, yang kini sedang barada pada ancaman serius pendirian pabrik PT SG....

#sebuah kepedulian terhadap alam, mari jaga bumi kita :)

"nasihat dari facebook"

2 komentar

Pijakilah Setiap yang Kau Baca dengan Komentar Manismu. (blogsastra.com)



EmoticonEmoticon